MTSN 3 BANDA ACEH MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW SEKALIGUS PENYERAHAN SANTUNAN KEPADA SISWA YATIM/MISKIN DAN WARGA KURANG MAMPU DI DESA SEKITAR MADRASAH

Tanggal Posting:

   Penulis:

   Dilihat Sebanyak:

488

Bagikan Laman ini di:


MTsN 3 Banda Aceh (Humas) – MTsN 3 Banda Aceh kembali memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW sekaligus diisi dengan acara penyerahan santunan kepada siswa yatim/fakir dan warga kurang mampu di desa sekitar madrasah yang berlangsung khidmah, meriah dan sangat berkesan. Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh H. Salman, S.Ag., M.Pd menyerahkan langsung santunan kepada anak yatim dan fakir miskin di MTsN 3 Banda Aceh dan sekitarnya. Santunan tersebut bersumber dari gerakan Jumat berkah MTsN 3 Banda Aceh. Disamping Ka. kankemenag juga diserahkan oleh Bapak Kamad, Bapak Ka. Kankemenag Banda Aceh, Bapak Kasi Penmad, Bapak Imam Masjid Unida, dan juga beberapa guru MTsN 3 Banda Aceh Kamis. (16/11/2023)

Kegiatan istimewa yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini berlangsung di halaman madrasah, yang kemudian menarik perhatian para wali siswa yang juga turut ambil bagian dalam memberikan infaq terbaiknya demi kemeriahan acara maulid tersebut. Demikian, turut hadir Bapak Ka. kanwil Kemenag Aceh, Drs Azhari, Bapak Ka. Kankemenag Banda Aceh Bapak Salman, S.Ag., M.Ag, beserta Bapak Kasi (Kepala Seksi) Penmad Kemenag Banda Aceh, Bapak Kasi PHU beserta seluruh staf kankemenag Kota Banda Aceh, Bapak Kabid Penmad, Kabid Urais dan yang Mulia Penceramah Bapak Tgk. Abdul Muthalib, S. Sos. I. serta para Kepala Madrasah di Kota Banda Aceh dan tamu undangan lainnya pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTsN 3 Banda Aceh tercinta ini.

Acara maulid Nabi SAW ini berlangsung dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 14.00 siang hari. Dibuka dengan tarian Ranup Lampuan yang dipersembahkan oleh Sanggar Siwah Indatu MTsN 3 Banda Aceh, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Al-Qur’an oleh siswa madrasah, kemudian penampilan-penampilan hiburan lainnya seperti Pembacaan Puisi dan Lagu oleh siswa-siswi MTsN 3 Banda Aceh yang dipersembahkan untuk rakyat Palestina yang sedang berduka, bacaan shalawat Nabi, penampilan hadrah, serta kata-kata sambutan oleh Bapak Kamad, Sayuthi, S.Ag., M.Ag dan Ibu Dra. Muhdaini.

Dalam sambutannya, Bapak Kamad, Sayuthi, S.Ag., M.Ag menjelaskan pentingnya peringatan Maulid Nabi sebagai cambuk, motivasi kepada umat untuk meneladani perilaku akhlak Rasul dalam menjalani kehidupan ini. Beliau mengingatkan bahwa Rasul adalah teladan dan rahmat bagi seluruh alam semesta. Beliau juga berterimakasih sebanyak-banyaknya kepada para panitia yang telah menyukseskan acara Maulid Nabi pada tahun ini.

Kemeriahan acara Maulid di madrasah terus berlanjut ketika Tgk. Abdul Muthalib, S. Sos. I selaku penceramah kembali menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang sangat penting kepada para siswa mengenai pentingnya pendidikan dan ketaatan kepada Allah SWT. Adab-adab sopan santun dan perilaku baik kepada guru maupun abang dan kakak leting harus dijaga sesuai dengan apa yang diperintahkan Nabi SAW yang sesuai dengan perilaku Nabi Muhammad sendiri yang mana Beliau merupakan manusia yang paling Mulia di muka bumi ini. Selain berceramah, Tgk. Abdul Muthalib juga mengajak siswa bertanya jawab soal keagamaan bersama para siswa, yang kemudian diberikan hadiah kepada mereka yang mampu menjawab pertanyaan beliau. Di akhir ceramahnya, beliau menutup dengan pembacaan doa untuk kebaikan bersama dunia maupun akhirat.

Selain itu, juga berlangsung acara penyerahan santunan kepada siswa yatim/fakir dan warga sekitar MTsN 3 Banda Aceh yang diserahkan langsung Ka. Kankemenag Kota Banda Aceh beserta para jajarannya. Penyerahan santunan bukan hanya kepada siswa dan warga sekitar melainkan juga kepada pengurus masjid UNIDA yang selama ini sudah memfasilitasi kegiatan ibadah shalat fardhu siswa madrasah. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan khauri (makan bersama) yang sudah disediakan oleh panitia acara Maulid ini kepada para tamu maupun panitia. Dengan semangat dan kerjasama panitia dan semua pihak yang terlibat, acara ini berlangsung meriah, lancar, dan sukses, dan menjadi momentum bersejarah dalam meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai keagamaan dan suri tauladan yang diwariskan oleh Nabi besar, Muhammad SAW.(humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

+ 6 = 10

Menu