SIMULASI MITIGASI BENCANA MTSN 3 BANDA ACEH

Tanggal Posting:

   Penulis:

   Dilihat Sebanyak:

464

Bagikan Laman ini di:

HUMAS_MTSN3BNA.SCH.ID BANDA ACEH — Ratusan siswa/siswi MTsN 3 Banda Aceh berhamburan keluar dari ruangan kelas menyelamatkan diri karena terjadinya gempa bumi; namun kejadian ini bukan sungguhan, ini adalah kegiatan SIMULASI MITIGASI BENCANA ALAM yang dilaksanakan oleh BPBD Kota Banda Aceh dengan melibatkan guru, pegawai dan siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banda Aceh pada Rabu 27 Juli 2023 sekitar pukul 10.00 WIB di lingkungan MTsN 3 Banda Aceh.
Kedatangan tim dari BPBD Kota Banda Aceh disambut baik oleh Bapak Kepala Madrasah Sayuthi, S.Ag, M.Ag yang didampingi oleh Wakil kepala Madrasah bidang Kehumasan Bapak Subhan, S.Pd.I. Pada awalnya team dari BPBD sudah mempersiapkan peralatan peralatan yang dibutuhkan dalam melaksanakan simulasi mitigasi bencana. Team menjelaskan/mengedukasi terlebih dahulu kepada kurang lebih seratusan siswa/i dan juga tim PMR MTsN 3 Banda Aceh.
Team Pemateri/edukasi dan Peralatan simulasi mitigasi bencana BPBD Kota Banda Aceh Bapak Putra Yana (Kasie kedaruratan) dan beberapa staf memberikan edukasi kebencanaan khususnya Kota Banda Aceh yang memang daerah darurat bencana, kegiatan ini juga dipantau langsung oleh Bapak Afriandy Karim (Kabag Umum Kepegawaian dan Aset BPBD Kota Banda Aceh).
Kegiatan simulasi bencana alam berupa pelatihan evakuasi saat terjadi bencana gempa bumi dan lain lain karena wilayah Kota Banda Aceh rawan gempa, angin kencang dan juga kebakaran. Kegiatan ini penting dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan pada satuan pendidikan dalam menanggulangi bencana dan mengurangi resiko bencana,” paparnya Bapak Putra Yana. Selain itu lanjutnya, juga memberikan perlindungan dan keselamatan kepada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dari dampak bencana di sekolah-sekolah.
Selanjutnya Para siswa dan guru serta pegawai juga diajak untuk melaksanakan praktik simulasi pengamanan dan penyelamatan diri jika terjadi gempa bumi. Alhamdulillah pelaksanaan simulasi berjalan lancar.
Bapak Sayuthi, S.Ag, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan ribuan terimakasih kepada team dari BPBD Kota Banda Aceh yang telah memberikan edukasi dan praktek Simulasi Mitigasi Bencana ini kepada siswa, guru dan pegawai MTsN 3 Banda Aceh sehingga bisa mengurangi resiko yang tidak kita inginkan saat terjadi gempa dan lain lain. Bapak sayuthi juga berjanji akan membuat SOP di MTsN 3 Banda Aceh bila suatu saat akan terjadi gempa dan lain-lain; setidaknya kita mengetahu dimana titik kumpul bagi warga MTsN 3 Banda Aceh bila terjadi gempa serta orangtua/wali siswa juga tau kemana harus menjemput anak/siswa/peserta didik di tempat titik kumpul yang akan ditetapkan nantinya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

4 + 3 =

Menu